href='http://www.google.com/webfonts#ChoosePlace:select/Collection:Handlee'rel='stylesheet' type='text/css'/>
Diberdayakan oleh Blogger.

Selamat Datang di Blog V08'

RSS

Selasa, 16 Agustus 2011

Sejarah Turunnya Al-Quran



Sejarah Turunnya Al-Quran




 A. Pengertian Al-Quran
       Menurut bahasa, Quran dan qiraat, artinya menghimpun dan memadukan              sebagian  huruf-huruf dan kata-kata dengan sebagaian lainnya. Sedang                  menurut istilah Al-Quran, quran dan qiraat artinya lafal yang diturunkan              kepada Nabi Muhammad, mulai dari surah Al-Fatihah dan di akhiri surah              An-nas. Menurut Ulama, Al-Quran adalah kalam yang bersifat mu’jiyat, yang        diturunkan kepada Nabi Muhammad yang ditulis dalam mushaf, yang                     dinukilkan secara mutawatir dan membacanya ibadah.


        
 B. Hikmah Diturunkannya Al-Quran Secara Berangsur-angsur
      1. Meneguhkan dan menguatkan hati /jiwa Nabi Muhammad.
      2. Membimbing dan membina umat Nabi Muhammad dalam melaksanakan               syariat Islam.
      3. Sebagai jawaban terhadap masalah / kasus tertentu.
      4. Kesesuaian dengan peristiwa-peristiwa dan pentahapan dalam penetapan               hukum.
      5. Bukti bakwa Al-Quran diturunkan dari Allah


 C. Penulisan Al-Quran Pada Nabi
       Rasulullah mengangkat para sahabatnya (Ali, Mu’awiyah, ‘Ubay bin Ka’ab        dan Zaid bin Tsabit) untuk menulis bila wahyu turun. Mereka menulis                tempat dan ayatnya di lembaran kulit, pelepah kurma, daun dsb bila ayat          turun sehingga membantu penghafalan di dalam hati. Mereka juga                      berinisiatif sendiri menulis ayat yang turun .
       Al-Quran banyak dihafal para sahabatnya tetapi belum ditulis dalam satu          mushaf. Ayat-ayat dan surah-surah dipisah-pisahkan atau diterbitkan                ayat-ayatnya saja dan setiap surah berada dalam satu lembaran secara                terpisah dan dalam tujuh huruf belum dikumpulkan dalam satu mushaf. 

       Waktu itu ayat-ayat belum dibukukan dalam satu mushaf karena nabi                masih selalu menanti turunnya wahyu dari waktu ke waktu.  Dengan                  wafatnya Nabi Muhammad, maka wahyu tidak turun lagi. Maka Allah              mengilhamkan penulisan mushaf secara lengkap kepada para Khulafa’ur          Rasyidin sesuai dengan janji-Nya akan menjaga dan memelihara                          Al-Quran.

       Pada masa Abu Bakar atas pertimbangan usulan Umar bin Khatab.                      Pengumpulan Al-Quran di masa Nabi Muhammad dinamakan                            : penghafalan dan pembukuan yang pertama. 
       Sebab-sebab pada masa Nabi Muhammad, Al-Quran belum di tulis dan            dibukukan dalam satu mushaf yaitu : 
       1. Karena tidak ada factor pendorong untuk di bukukannya Al-Quran                    dalam satu mushaf.
       2. Karena diturunkan secara berangsur-angsur.
       3. Selama proses turunnya Al-Quran masih terdapat kemungkinan adanya            ayat-ayat yang di Masukh.
 D. Pengumpulan Al-Quran Pada Masa Khulafa’ur Rasyidin
     1. Pada Masa Abu Bakar
           Pada waktu Abu Bakar menjadi khalifah, banyak orang pada murtad                  sehingga Abu Bakar memerangi mereka. Perang Yamamah (12 H)                        menyebabkan 70 para sahabat penghafal  Al-Quran gugur mati syahid.              Umar bin Khatab kawatir , kalau-kalau peperangan di tempat lain akan            membunuh banyak penghafal Al-Quran sehingga Al-Quran.

           Maka akhirnya Umar mengusulkan dan membujuk Abu Bakar supaya                Al-Quran mengumpulkan dan membukukan Al-Quran. Kemudian Abu              Bakar memerintahkan Zaid bin Tsabit untuk mengingat kedudukannya              dalam qiraat, penulisan, pemahaman dan kecerdasannya serta                              kehadirannya pada pembacaan terakhir kali.
           Zaid bin Tsabit mulai bekerja dengan bersandar pada hafalan para                      sahabat dan catatan para sahabat. Kemudian lembaran-lembaran                       (mushaf) itu di simpan di tangan Abu Bakar sampai wafat 13 H. Lalu                    mushaf berpindah ketangan Umar bin Khatab sampai beliau wafat. Lalu            mushaf berpindah ketangan Hafsah binti Umar. Pada waktu Utsman                  menjadi khalifah mushaf diminta Utsman.
           Ciri-ciri penulisan Al-Quran pada masa Abu Bakar yaitu :
           1) Seluruh ayat Al-Quran dikumpulkan dan ditulis dalam satu mushaf                     berdasarkan  penelitian yang cermat dan seksama.
           2) Ayat-ayat yang telah mansukh/dinasakh tidak ada.
           3) Seluruh ayat Al-Quran yang ditulis diakui ke mutawatirannya.


      2. Pada Masa Utsman bin Affan
            Pada waktu Utsman berkuasa, para sahabat penghafal Quran hidup                     berpencar, karena daerah Islam semakin luas. Penduduk Syam berguru               membaca Al-Quran dengan qiraat Ubay bin Ka’ab. Penduduk Kufah                   berguru membaca Al-Quran dengan qiraat Abdullah bin Mas’ud dan                 penduduk Basra berguru membaca Al-Quran dengan qiraat Abu Musa               Al-Asy’ari dll.

            Bahwa versi qiraat yang diajarkan masing-masing sahabat itu berbeda-             beda satu dengan sahabat lainnya. Masing-masing mengganggap versi               mereka yang paling betul dan mereka saling menyalahkan dan nyaris                 saling mengkafirkan di antara mereka.

            Khalifah Utsman kawatir dengan melihat keadaan seperti diatas, lalu                 para sahabat dipanggil semua dan Utsman mengutarakan maksudnya,               yaitu bagaimana jalan keluarnya untuk mengatasi masalah yang cukup             serius itu. Hasil kesepakatannya adalah mushaf yang ditulis pada masa               Abu Bakar disalin kembali menjadi beberapa mushaf dan dikirim                       kebeberapa daerah. Dan dibentuklah tim yang terdiri dari Zaid bin                     Tsabit, Abdullah bin Zubair, Sa’id bin Ash, dan Abdullah bin Harits bin               Hisyam.

            Utsman minta mushaf yang disimpan Siti Hafsah diserahkan kepadanya             lalu mushaf diserahkan kepada tim untuk disalin kembali dan                             setelah selesai dikembalikan ke Siti Hafsah kembali. Setelah mushaf                     hasil kerja tim selesai maka diperbanyak dan dikirim ke berbagai                       daerah. Mushaf-mushaf lain ada pada waktu itu supaya dibakar.                         Penulisan mushaf kembali pada masa Khalifah Utsman telah menjadi                 rujukan umat Islam dan menghilangkan perselisihan serta perpecahan               di antara mereka waktu itu.

          Ciri-ciri mushaf pada khalifah Utsman bin Affan yaitu :
            1) Semua ayat Al-Quran berdasarkan riwayat yang mutawatir.
            2) Ayat-ayat yang dimansukh/dinasakh tidak ada.
            3) Surah-surah atau ayat-ayatnya ditulis dengan tertib sebagaimana                       Al-Quran yang berada  ditangan umat Islam sekarang ini.
            4) Pendapat sahabat nabi sebagai penjelasa ayat tidak ditulis.
            5) Mushaf yang ditulis mencakup tujuh huruf dimana Al-Quran                               diturunkan.


E. Penyempurnaan Pemeliharaan Al-Quran Setelah Masa Khalifah

     Mushaf yang ditulis pada masa Utsman tidak memiliki berharakat dan              tanda titik. Setelah umat Islam bertambah banyak mereka kesulitan dalam        membaca. Maka pada masa Khalifah ‘Abdul Malik(685-705) dilakukan            penyempurnaan. Dua orang yang berjasa adalah ‘Ubaidillah bin Ziyad                (w 67H) dan Hajaj bin Yusuf Ats-Tsaqafi  (w 95h). Penyempurnaan                      dilakukan secara bertahap sampai abad 3 H (akhir abad 9 M). Ada tiga              orang yang disebut-sebut sebagai pemberi tanda titik pada mushaf Utsman,      yaitu Abu Al-Aswad Ad-Du’ali, Yahya bin Ya’mar (45-129 H) dan Nashr            bin ‘Ashim Al-Laits (w 89 H). Yang meletakkan hamzah, tasydid, ar-raum          dan Al-isymam adalah Al-Khalil bin Ahmad Al-Farabi Al-Azdi.

     Khalifah Al-Walid (86-96 H) memerintahkan Khalid bin Abi Al-Hyyaj                untuk menulis mushaf Al-Quran. Tahun 1530 M pertama kali Al-Quran            dicetak di Bunduqiyah, ketika dikeluarkan, penguasa gereja memerintahkan      supaya Al-Quran dimusnahkan. 
     Tahun 1694 M dicetak kembali oleh orang Jerman bernama Hinkelman di        Hamburgh   (Jerman). 
     Tahun 1698 dicetak oleh Marracci di Padoue.
     Tahun 1787 dicetak dengan label Islam oleh Maulaya ‘Utsman di Sain                Petesbourg Uni Soviet (Rusia).
     Tahun 1248H / 1828 M dicetak di Teheran Iran.
     Tahun 1833 dicetak di Tabris.
     Tahun 1834 di cetak di Leipzig Jerman.
     Tahun 132 H / 1923 M di Negara Arab, Raja Fuad dari Mesir membentuk          panitia khusus yang dipelopori para Syeikh Al-Azhar untuk                                  penerbitan Al-Quran. Mushaf yang pertama terbit di Negara Arab ini sesuai      dengan riwayat Hafsah atas qiraat ‘Ashim . setelah itu  Al-Quran banyak            dicetak di negara-negara lain.

F. Rasm Al-Quran
   1. Pengertian Rasm Al-Quran
        Rasm Al-Quran/Rasm Utsmani/Rasm Utsman adalah tata cara menuliskan         Al-Quran yang  ditetapkan pada masa Khalifah Utsman bin Affan. 
        Kaidah-kaidah Rasm Al-Quran yaitu :
        1) Al-Hadzf (membuang, menghilangkan/menambah huruf)
        2) Al-Ziyadah (penambahan)
        3) Al-Hamzah
        4) Badal (penggantian)
        5) Washal dan Fashl (penyambungan dan pemisahan)
        6) Kata yang dapat dibaca dua bunyi
   2. Pendapat Para Ulama Sekitar Rasm Al-Quran
        1) Rasm Utsman bersifat Tauqifi, yaitu bukan produk manusia yang wajib              diikuti ketika menulis Al-Quran.
        2) Rasm Utsman bukan Tauqifi tapi merupakan kesepakatan cara menulis              Al-Quran yang disetujui Utsman dan diterima umat, sehingga wajib                    diikuti.
        3) Rasm Utsman bukan Tauqifi jadi tidak menyalahi bila menulis                              Al-Quran tidak menggunakan Rasm Utsman.

   3. Kaitan Rasm Al-Quran Dengan Qiraat
        Mushaf Utsman yang tidak berharakat dan bertitik masih membuka                   peluang untuk  membacanya dengan berbagai qiraat seperti qiraat 7, 10           dan 14. Maka Ibnu Mujahid (859-935) melakukan penyeragaman cara               membaca Al-Quran dengan 7 cara saja (qiraat sab’ah). Malik bin Anas               (w 795) melakukan hal yang sama, dengan tegas menyatakan bahwa salat         yang dilaksanakan menurut bacaan Ibnu Mas’ud adalah tidak sah.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar